Apakah anda penasaran, umumnya apa yang balita kebanyakan
dapat lakukan pada usianya? Jika ya, maka pembahasan ini untuk anda, tetap duduk
manis dan mari kita mulai pembahasannya.
Apakah kita bisa mengukur IQ balita? Bila pada anak usia
sekolah skor tes inteligensi dapat memprediksi performa akademik secara akurat
dan reliabel, mengetes balita adalah sesuatu yang berbeda. Balita belum dapat
memberi tahu kita apa yang mereka ketahui dan bagaimana mereka berpikir, maka
satu-satunya jalan adalah dengan menaksir atau menilai apa yang dapat mereka
lakukan. Namun jika mereka tidak memahami sendiri pikirannya, ini sulit untuk mengetahui
apakah mereka tidak tahu caranya, tidak merasa ingin melakukannya, tidak sadar
apa yang diharapkan dari mereka atau sesederhana kehilangan minat.
Dengan begitu nampaknya hampir mustahil untuk mengukur
inteligensi balita, namun adalah mungkin untuk mengetes perkembangan kognitif
mereka. Dengan begini, orang tua dapat melihat apakah balita-nya melakukan hal
yang sama seperti balita kebanyakan pada usianya. uji perkembangan dapat meyakinkan orang tua bahwa perkembangan
balitanya tergolong normal atau bahkan menyadarkan mereka akan masalah pada
tumbuh kembang balitanya.
Uji perkembangan membandingkan performa balita pada beberapa
tugas dengan norma yang didapat dari observasi dasar pada apa yang dapat
dilakukan oleh sejumlah besar balita pada usia tertentu. Bayley Scales of Infant
Development didesain untuk menilai status perkembangan balita dari usia 1 bulan
hingga 3.5 tahun. Bayley II yang disusun pada 1993 yang lalu memiliki 3 bagian
yaitu skala mental yang mengukur
kemampuan seperti persepsi, memori, pembelajaran, dan vokalisasi kemudian skala keahlian motor yang mengukur
koordinasi sensorimotor dan skala rating perilaku yang harus diisi oleh penguji dengan berdasar pada informasi dari caregiver atau si perawat anak.
Secara garis besar, berikut contoh tugas yang dapat
dilakukan oleh kebanyakan balita pada masing-masing usianya.
Dalam tabel ini kita bisa melihat rincian usia balita (dalam
bulan), serta contoh tugas dalam skala mental dan motor yang diambil dari Bayley
Scales of Infant Development II
Usia (dalam Bulan)
|
Skala Mental
|
Skala Motor
|
1
|
Mata mengikuti orang yang bergerak
|
Mengangkat kepala ketika ditahan di
pundak
|
3
|
Menjangkau cincin mainan yang ada
di atasnya
|
Berbalik dari belakang ke samping
|
6
|
Memainkan bel, menunjukkan minat
pada detil
|
Berbalik dari belakang ke perut
(tengkurap)
|
9
|
Mengoceh secara ekspresif
|
Mengangkat dirinya sendiri ke
posisi berdiri
|
12
|
Meniru menepuk mainan
|
Berjalan sendiri
|
14-16
|
Menggunakan dua kata yang berbeda
secara tepat
|
Naik tangga dengan bantuan
|
20-22
|
Menyebut tiga objek
|
Loncat ke lantai dengan dua kaki
|
26-28
|
Mencocokkan 4 warna
|
Meniru pergerakan tangan
|
32-34
|
Menggunakan past tense (tense
lampau untuk bahasa Inggris), contoh lain : bertanya
|
Naik tangga, kaki berselang-seling
|
38-42
|
Menghitung
|
Turun tangga, kaki berselang-seling
|
Itulah pembahasan kita kali ini, semoga
bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar